-:: PEMBIASAAN HARI SELASA ::-


  MENYANIKAN LAGU-LAGU WAJIB NASIONAL 
Setiap hari Selasa (Jam 06.30 - 07.00)

Dalam upaya mengembangkan pendidikan anak seutuhnya di SDn Tanah Sereal 01 Pagi, dirasa perlu dilakukan pembinaan kesenian melalui kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional, yang merupakan bagian kegiatan pembinaan kesenian di sekolah. Mencermati hal tersebut, Secara umum praktik menyanyikan lagu-lagu wajib nasional bagi siswa tingkat sekolah dasar masih sangat kurang maksimal dilaksanakan.

Berdasarkan hal tersebut, pelatihan lagu-lagu wajib nasional sangat tepat diberikan melalui pembiasaan, dibimbing oleh Guru PKn saat apel pagi di lapangan sebelum  masuk kelas, untuk mendongkrak semangat dan gairah belajar. Hal ini juga untuk mengantisipasi menurunnya semangat nasionalisme yang indikasinya dapat dilihat dari semakin berkurangnya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan terkait dengan peringatan hari-hari Nasional Bangsa Indonesia.

Lagu wajib nasional sebagai salah satu jenis musik yang telah menyatu dengan jiwa masyarakat Indonesia memiliki fungsi yang kompleks dalam aktivitas budaya masyarakat. Lagu wajib nasional merupakan salah satu produk atau hasil karya cipta budaya masyarakat Indonesia dibidang musik. Sebagai salah satu ikon budaya masyarakat Indonesia, kesenian ini mempunyai fungsi dalam berbagai aktivitas kehidupan sosial masyarakat. Ada beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat diantaranya : 
  • Fungsi pendidikan
  • Fungsi sosial
  • Fungsi pelestarian, dan
  • Fungsi propaganda