-:: PEMBIASAAN HARI SENIN ::-


UPACARA PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH 
Setiap hari Senin - Pukul 06.30 - 07.15
 
Tujuan dilaksanakannya upacara pengibaran bendera merah putih secara umum di sekolah dan khususnya di SDN Tanah Sereal 01 Pagi adalah mendisiplinkan siswa dalam suatu kegiatan bersama. Sekaligus sebagai sarana menginformasikan hal-hal yang ada disekolah, seperti pengumuman-pengumuman, pemberian apresiasi kepada siswa yang berprestasi, dan ajang kekompakan antar siswa dalam barisan. Akan terlihat barisan mana yang rapih dan tidak rapi sehingga penekanan upacara tetap ada pada disiplin. Bila disiplin itu telah dapat ditegakkan, maka hal-hal lainnya akan mengikuti. 

Dalam upacara pengibaran bendera beberapa acara digelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari anak-anak dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera. Para guru yang bertugas menanganinya memerlukan keterampilan khusus. Bila tidak tegas dan mampu bersuara keras, maka sulit bagi guru itu membariskan barisan siswa dengan cepat dan rapih. 

Dalam upacara pengibaran bendera juga mengajak kita untuk membangkitkan jiwa nasionalis, berdiri dan menghormat kepada bendera merah putih dengan diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Bila mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati akan bergetar sekaligus bangga karena bendera merah putih berkibar dengan gagahnya. Disanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara pengibaran bendera juga mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan generasi penerus.



Kegiatan Upacara Bendera setiap Hari Senin, diiringi Korps Musik yang juga merupakan Anggota Drumband SDN Tanah Sereal 01 Pagi.